Friday, September 26, 2014

Kebijakan PT.KAI dan Manfaatnya Bagi Para Pengguna Kereta Api


X

kebijakan PT.KAI

Kebijakan PT. KAI mengenai kesesuaian identitas penumpang dengan nama tercantum pada tiket memberikan banyak manfaat, berikut ulasannya. Selain bertujuan untuk memberantas tindakan percaloan tiket, kebijakan dari PT. KAI ini memiliki banyak manfaat untuk calon penumpang KA maupun untuk PT. KAI sendiri.

Semakin banyak masyarakat pengguna transportasi kereta api tentu meningkatkan potensi tindakan-tindakan yang kurang menyenangkan, diantaranya banyak calon penumpang menjadi korban calo tiket. Ketika saat musim liburan banyak calon penumpang tidak dapat memesan tiket akibat diborong calo terlebih dahulu, karena tiket tanpa nama bisa dugunakan oleh siapa saja. Tindakan calo yang tidak bertanggung jawab sangat merugikan calon penumpang KA. Memang perusahaan diuntungkan dengan tiket yang terjual habis karena dibeli para calo, namun hal ini menyebabkan citra PT. KAI buruk dimata masyarakat.

kebijakan PT.KAI
pemeriksaan identitas calon penumpang kereta api

Hingga pada 1 September 2012 lalu PT. KAI mengeluarkan kebijakan bahwa nama pada tiket kereta api harus sesuai dengan identitas calon penumpang (KTP/SIM/KK/KTM/Paspor/Kartu Pelajar). Sejak saat itu calon penumpang yang akan naik kereta api melewati pos pemeriksaan untuk melakukan verifikasi kesesuaian antara tiket kereta api dengan identitas penumpang. Beberapa manfaat lain yang dirasakan atas kebijakan PT. KAI akan saya ulas sebagai berikut :
  1. Manfaat utama dari kebijakan ini adalah untuk memberantas praktik percaloan yang kerap terjadi di lingkungan PT. KAI.
  2. Melatih masyarakat untuk bersikap disiplin dan teliti.
  3. Memberikan citra baik dan profesional pada PT. KAI.
  4. Data penumpang menjadi valid dan jelas untuk keperluan penyedia asuransi penumpang kereta api selama perjalanan.
  5. Kemudahan dalam mengecek biodata jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan.
  6. Penumpang yang semakin tertib. Tidak ada lagi penumpang yang naik diatas kereta karena sistem pemeriksaan tiket sebelum penumpang naik kereta.
  7. Dapat menjadi data intelejen dalam melacak keberadaan orang.
Kebijakan ini memberikan efek positif baik dari sisi perusahaan maupun pelanggan. Apalagi sekarang PT. KAI menerapkan sistem pembelian tiket secara online. Pelayanan pembelian tiket kereta api untuk kereta komersil kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi jarak jauh sudah tidak dapat dilayani melalui loket stasiun. Untuk pembelian tiket kereta api online bisa anda dapatkan di www.tiketkai.com atau loket FASTPAY disekitar anda.

Loket di stasiun hanya melayani tiket go show dan kereta api lokal. Dengan adanya sistem tiket online juga memudahkan pelanggan dan meminimalisir tindakan percaloan tiket, karena calon penumpang yang melakukan reservasi online akan mendapatkan kode booking nantinya bisa dicetak secara mandiri maupun ditukarkan saat akan berangkat. Pastikan bawa kartu identitas anda ketika menukarkan kode booking dan saat akan berangkat! Mari kita dukung segala kebijakan PT.KAI untuk pelayanan yang lebih baik.

Kebijakan PT.KAI dan Manfaatnya Bagi Para Pengguna Kereta Api Rating: 4.5 Diposkan Oleh: bmcwriter

0 comments:

Post a Comment